Sekilas tentang Setu Babakan

Untuk informasi terbaru, terutama untuk bahan Skripsi, Tesis, Disertasi, atau karya ilmiah lainnya silakan kunjungi :

Gambaran Umum Objek Wisata Setu Babakan

Lembaga Pengelola PBB Setu Babakan

Sejarah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

A. Selayang Pandang

Setu Babakan atau Danau Babakan terletak di Srengseng Sawah, kecamatan JagakarsaJakarta Selatan, Indonesia dekat Depok yang berfungsi sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi, suatu area yang dijaga untuk menjaga warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi. Situ atau setu Babakan merupakan danau buatan dengan area 32 hektar (79 akre) dimana airnya berasal dari Sungai Ciliwung dan saat ini digunakan untuk memancing bagi warga sekitarnya. Danau ini juga merupakan tempat untuk rekreasi air seperti memancing, sepeda air, atau bersepeda mengelilingi tepian setu.

Setu Babakan adalah sebuah kawasan perkampungan yang ditetapkan Pemerintah Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi secara berkesinambungan. Perkampungan yang terletak di selatan Kota Jakarta ini merupakan salah satu objek wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana khas pedesaan atau menyaksikan budaya Betawi asli secara langsung. Di perkampungan ini, masyarakat Setu Babakan masih mempertahankan budaya dan cara hidup khas Betawi,  memancing, bercocok tanam, berdagang, membuat kerajinan tangan, dan membuat makanan khas Betawi. Melalui cara hidup inilah, mereka aktif menjaga lingkungan dan meningkatkan taraf hidupnya.

Setu Babakan adalah kawasan hunian yang memiliki nuansa yang masih kuat dan murni baik dari sisi budaya, seni pertunjukan, jajanan, busana,, rutinitas keagamaan, maupun bentuk rumah Betawi. Dari perkampungan yang luasnya 289 Hektar, 65 hektar di antaranya adalah milik pemerintah di mana yang baru dikelola hanya 32 hektar. Perkampungan  ini didiami setidaknya 3.000 kepala keluarga. Sebagian besar penduduknya adalah orang asli Betawi yang sudah turun temurun tinggal di daerah tersebut. Sedangkan sebagian kecil lainnya adalah para pendatang, seperti pendatang dari Jawa Barat, jawa tengah, Kalimantan, dll yang sudah tinggal lebih dari 30 tahun di daerah ini.

Setu Babakan, sebagai sebuah kawasan Cagar Budaya Betawi, sebenarnya merupakan objek wisata yang terbilang baru. Peresmiannya sebagai kawasan cagar budaya dilakukan pada tahun 2004, yakni bersamaan dengan peringatan HUT DKI Jakarta ke-474. Perkampungan ini dianggap masih mempertahankan dan melestarikan budaya khas Betawi, seperti bangunan, dialek bahasa, seni tari, seni musik, dan seni drama.

Dalam sejarahnya, penetapan Setu Babakan sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 1996. Sebelum itu, Pemerintah DKI Jakarta juga pernah berencana menetapkan kawasan Condet, Jakarta Timur, sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi, namun urung (batal) dilakukan karena seiring perjalanan waktu perkampungan tersebut semakin luntur dari nuansa budaya Betawi-nya. Dari pengalaman ini, Pemerintah DKI Jakarta kemudian merencanakan kawasan baru sebagai pengganti kawasan yang sudah direncanakan tersebut. Melalui SK Gubernur No. 9 tahun 2000 dipilihlah perkampungan Setu Babakan sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Sejak tahun penetapan ini, pemerintah dan masyarakat mulai berusaha merintis dan mengembangkan perkampungan tersebut sebagai kawasan cagar budaya yang layak didatangi oleh para wisatawan. Setelah persiapan dirasa cukup, pada tahun 2004, Setu Babakan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Sebelum itu, perkampungan Setu Babakan juga merupakan salah satu objek yang dipilih Pacifik Asia Travel Association (PATA) sebagai tempat kunjungan wisata bagi peserta konferensi PATA di Jakarta pada bulan Oktober 2002.

B. Keistimewaan

Perkampungan Setu Babakan adalah sebuah kawasan pedesaan yang lingkungan alam dan  budayanya yang masih terjaga secara baik. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan cagar budaya ini akan disuguhi panorama pepohonan rindang yang akan menambah suasana sejuk dan tenang ketika memasukinya. Di kanan kiri jalan utama, pengunjung juga dapat melihat rumah-rumah panggung berarsitektur khas Betawi yang masih dipertahankan keasliannya.

Yang tak kalah menarik, di perkampungan ini juga banyak terdapat warung yang banyak menjajakan makanan-makanan khas Betawi, seperti ketoprak, ketupat nyiksa, kerak telor, ketupat sayur, bakso, laksa, arum manis, soto betawi, mie ayam, soto mie, roti buaya, bir pletok, nasi uduk, kue apem, toge goreng, dan tahu gejrot.

Wisatawan yang berkunjung ke Setu Babakan juga dapat menyaksikan pagelaran seni budaya Betawi, antara lain tari cokek, tari topeng, kasidah, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, dan ondel-ondel yang sering dipentaskan di sebuah panggung terbuka berukuran 60 meter persegi setiap hari Sabtu dan Minggu. Selain pagelaran seni, pengunjung juga dapat menyaksikan prosesi-prosesi budaya Betawi, seperti upacara pernikahan, sunat, akikah, khatam Al-Qur‘an, dan nujuh bulan, atau juga sekedar melihat para pemuda dan anak-anak latihan menari dan silat khas Betawi, Beksi.

Sebagai sebuah kawasan cagar budaya, Setu Babakan tidak hanya menyajikan pagelaran seni maupun budaya, melainkan juga menawarkan jenis wisata alam yang tak kalah menarik, yakni wisata danau. Dua danau, yakni Mangga Bolong dan Babakan, di perkampungan ini biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk memancing atau sekedar bersenda gurau dan menikmati suasana sejuk di pinggir danau. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa perahu untuk menyusuri dan mengelilingi danau.

Wisatawan yang berkunjung ke perkampungan ini juga dapat berkeliling ke perkebunan, pertanian, serta melihat tanaman-tanaman khas Betawi di pelataran rumah-rumah penduduk. Apabila berkunjung ke pelataran rumah penduduk, tak jarang pengunjung akan dipetikkan buah sebagai tanda penghormatan. Jika wisatawan tertarik untuk memetik dan berniat membawa pulang buah-buahan tersebut, maka pengunjung dapat membelinya dengan terlebih dulu bernegosiasi harga dengan pemiliknya. Buah-buahan yang tersedia di perkampungan ini antara lain belimbing, rambutan, buni, jambu, dukuh, menteng, gandaria, mengkudu, nam-nam, kecapi, durian, jengkol, kemuning, krendang, dan masih banyak lagi.

Yang baru dari Setu Babakan adalah telah dibangunnya dua jembatan gantung, sehingga pengunjung dapat menyinggahi pulau buatan di tengah Setu Babakan. Selain itu Setu babakan adalah salah satu tempat favorit bersepeda santai di Jakarta Selatan.

C. Lokasi

Perkampungan Setu Babakan berlokasi di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Propinsi DKI Jakarta, Indonesia. Pintu masuk utama adalah Pintu Si Pitung yang terletak di Jalan RM. Kahfi II.

D. Akses

Akses menuju lokasi perkampungan Setu Babakan relatif mudah, karena terdapat banyak kendaraan umum yang melewati perkampungan ini. Dari Terminal Pasar Minggu, pengunjung dapat menggunakan Kopaja No. 616 jurusan Blok M menuju Cimpedak. Setelah sekitar 30 menit dan, pengunjung dapat turun di depan pintu gerbang perkampungan Setu Babakan. Selain itu, bagi wisatawan yang berangkat dari Terminal Depok dapat menggunakan taksi menuju perkampungan Setu Babakan.

Alternatif lainnya, pengunjung yang berangkat dari Terminal Depok dapat juga menggunakan Metromini 616 jurusan Blok M—Pasar Minggu—Cimpedak atau menggunakan angkutan umum bernomor 128, kemudian turun di depan pintu gerbang perkampungan Setu Babakan. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung diminta memarkir kendaraannya di tempat yang telah disediakan, kemudian dipersilakan mengunjungi perkampungan dengan berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi Setu Babakan. 

E. Harga Tiket

Wisatawan yang berkunjung ke perkampungan ini tidak dipungut biaya, namun hanya dikenai biaya parkir kendaraan yang berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Untuk wisatawan yang bersepeda di areal Setu Babakan tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Wisatawan yang berkunjung ke sini diperbolehkan menikmati suasana perkampungan dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Sebagai sebuah kawasan cagar budaya, Perkampungan Setu Babakan hingga saat ini telah dilengkapi fasilitas-fasilitas umum, seperti tempat ibadah, panggung pertunjukan seni, tempat bermain anak-anak, teater terbuka, wisma, kantor pengelola, galeri, dan pertokoan suvenir. Dengan fasilitas ini pengunjung dapat berfoto menggunakan busana adat khas Betawi dengan lokasi pemotretan yang disesuaikan dengan keinginan pengunjung. Hal yang tak kalah menarik adalah saat ini (mulai Maret 2011) telah terbentuk suatu komunitas sepeda onthel di Setu Babakan dengan nama OSEBA (onthel Setoe Babakan). Komunitas ini biasa kumpul saban Minggu pagi di depan halaman panggung utama.

Sumber tulisan : http://www.wisatamelayu.com ; http://www.wikipedia.org.id

 

Advertisements

Responses

  1. Trim,s atas infonya.

  2. Informasi yang lengkap……thanks

  3. Setu babakan.. Saya akan berkunjung ke sana

  4. […] Sumber: SetuBabakan […]

  5. thanks ya informasi nya

  6. mau tanya bang, untuk melihat penampilan para penari betawi di setu babakan itu biasanya kapan ya? makasih

    • Bang brapa biaya pendaftaran untuk sanggar tari…

    • Seringnya sih sabtu minggu….

  7. Untuk kebudayaan, ada yang bisa dipelajari tidak ya di Setu Babakan? 🙂

  8. kesenian betawi biasanya digelar setiap hari Minggu. untuk mempelajari kebudayaan, sangat bisa dilakukan, tergantung niatnya…

    • ooh seperti itu. Tidak hanya digelar pada saat ada perayaan saja kan ya Mas? 🙂

  9. Mau tanya dong , apakah disana ada ondel2 ?
    Trus kalo mau prewed dsana gmana ya ?? Dkenai biaya brapa ?
    Makasih

  10. Pagi… Saya ingin bertanya apakah kampung situ babakan bisa dijadikan untuk resepsi pernikahan…terima kasih

  11. All smua pertanyaan kalian Bisa dilaksanakan dsana, untuk jlasnya bisa dtng lngsung ke kantor lembaga pengelola samping panggung,

    • Ada no yang bisa dihubungi Pak bila ingin tahu jadwal pertunjukan disana? Hari ini atau besok ada ngga?

  12. nah gitu dong…..dijawab langsung sama bang Irwan (pengelola setu babakan

  13. cakep bang,mantab kemarin Rombongan BEKSI Tradisional H.Hasbullah main ke sana.tgl 25/06/14.

  14. […] https://setubabakan.wordpress.com/about/ […]

  15. […] (Sumber : https://setubabakan.wordpress.com/about/) […]

  16. […] (Sumber : https://setubabakan.wordpress.com/about/) […]

  17. […] https://setubabakan.wordpress.com/about/ […]

  18. Aman Dan Tentram…..

  19. Kalo ke situ babakan bisa naik busway ga?

  20. busway cuma sampai ragunan. kalau dari Blok M naik kopaja s616 , Blok M – Cipedak

  21. Jam berapa biasa nya min pertunjukan seni budaya betawi di situ babakan ? mohon info nya untuk tugas liputan .thanks

  22. kalau hari sabtu ada pertunjukan seni budaya betawinya ngga ya ? pertunjukannya apa ada di jam-jam tertentu ? mohon infonya, thanks.

  23. Nice info. Insya Allah saya pasti akan kesana bersama keluarga.

  24. Bisakah saya minta info contact person incharge Setu Babakan untuk mendapat info lebih lanjut? terima kasih

  25. pengen ke Sana…. insya alloh.

  26. Saya dan teman-teman saya mau berkunjung kesana untuk tugas. Kami sedang menyiapkan surat izinnya. Boleh minta nomor yg bisa dihubungi? Ada beberapa hal yg ingin kami tanyakan. Terimakasih

    • kantor pengelola setu babakan : 021 7862861

  27. Untung ada informasi mengenai setu babakan dari Pak Salman, jadi saya bisa menyelesaikan tugas dari Miss Vero (dosen Produktif saya MUW dari Stein juga) hihi Thanks a Lot lah Pak yaa 🙂

  28. mohon infonya pak, kalau mau mencoba peruntungan usaha sosis bakar. masih ada lapak pak? sewanya berapa kira kira pak. terima kasih.

  29. pak mau tanya,kira-kira untuk pagelaran budaya dan prosesi budaya nya apakah diselenggarakan setiap harinya? terima kasih

  30. Saya sedang mencari Informasi tentang kostum tarian betawi. Apakah di Setu babakan menjual Kostum tarian betawi ? Terima kasih

  31. kami ibu2 PKK ingin berkunjung k3 setu babakan….sekalianmengadakan arisan…..apakah bisa n ada tempat untuk duduk2 disana?…..thanks

  32. Bang kontak person untuk paket wisata edukasinya siapa ya?
    Mohon di=share karena kami membawa rombongan anak-anak.
    Terima ksih.

    Enung Martina
    enung_martina@yahoo.com

  33. Recomended nih..saya pribadi lebih suka wisata alam dripada ke mall

  34. Lokasinya deket kerumah calon nih..makasih mimin infonya

  35. assalamualaikum…..kami dari tpa al-bayyinah jakarta utara insyaalloh akan berkunjung pada sabtu 25 okt 2015.adakah lokasi utk berteduh dan apakah ada kegiatan /kesenian yg ditampilkan pada hari tersebut?Terimakasih

  36. maaf lanjut nih nanya,jam berapa sebaiknya tiba disana agar dapat melihat atraksi2 karna kami membawa 2 bis dg jumlah 120 orang.apakah harus dg surat izin kunjungan?

    • atraksi/hiburan biasanya hari minggu mulai jam 13.00

  37. untuk minggu 25-10-2015 ada pertunjukan apa?

    • setiap hari minggu siang selalu ada pertunjukan

  38. Saya mau tanya apakah bisa panggung utama setu babakan. Di jadikan tempat untuk santunan yatim piatu dan acara music kecil kecilan (akustic) pada tgl 24 januari 2016 ? kalau bisa saya mau minta nomor kontak pihak pengelolah’nya. Terimakasi.

  39. Saya punya lumayan banyak tmn dr luar negeri. Yg psti sya akan menunjukan tradisi betawi. Saya harap setu babakan tidak mengecewakan saya 🙂

  40. Untuk setu babakan apa di bolehkan untuk memancing di pinggir danaunya…trus kalo ikannya dapat apa boleh di bawa pulang

    • boleh digunakan untuk memancing dan ikannya boleh dibawa pulang yang tidak boleh adalah berenang

  41. boleh mancing & bawa pulang ikannya (kalau dapat ya….)

    • kalau hari biasa ada perahu bebek yang bisa disewa tdk?

  42. minggu besok tgl 27 desember ada atraksi pertunjukan atau hiburan ga?

    • setiap hari minggu selalu ada pertunjukan yang bertempat di panggung utama setu babakan

  43. Kalau untuk motret bayar ngga?makasih

  44. keren.. saya baru mengetahui ada nya kampung asli betawi seperti ini. semoga maju terus, sukses selalu utk setu babakan sehingga kebudayaan serta adat istiadat betawi dapat terus dipertahankan dan dikenal bukan hanya masyarakat indonesia namun hingga seluruh dunia. saya harap saya pribadi bisa ikut serta mendukung kebudayaan betawi ini, minggu depan saya berencana mengajak kawan dari luar negeri utk melihat kebudayaan betawi. apakah bisa di infokan mengenai jadwal pertunjukan untuk minggu (awal maret 2016)? thanks sebelumnya.

  45. Tempat aku dibesarkan,,& tempat aku menemukan cinta sejati ku..senang sedih disinilah tempat ku,,Situ babakan the best deh pkoknya..👍😍

  46. adakah jadwal pertunjukan dalam waktu dekat? terima kasih.

  47. saya dpt tugas kelompok dari sekolah yaitu meliput tentang kebudayaan daerah, rencananya saya akan meliput disetu babakan, apakah dikenai biaya dan harus izin dulu? respon yaa, terimakasih:)

  48. apa disetu babakan masih ada masyarakata atau keluarga yang rutin konsumsi bir pletok?

    • Bir pletok ada di sana

  49. Bang klo hari kerja /biasa pengunjung masih rameh ga ya bang ?

  50. […] https://setubabakan.wordpress.com/about […]

  51. Apakah di Setu Babakan ada fasilitas penginapan seandainya kita ingin menginap bersama keluarga yah. Tks

  52. mohon kontak pengelola yang dapat dihubungi untuk info sewa tempat usaha dan jenis usaha apa saja yang diperbolehkan. trims..

  53. […] jadual, kami berangkat menuju lokasi yakni kali ini di Rumah Pitung, Setu Babakan – Jagakarsa, Jakarta Selatan. Selesai registrasi dan menerima goodie-bag, anak-anak sudah […]

  54. Saya mau tanya apa di setu babakan itu bisa untuk prewed dan kira kira adakah biaya untuk prewed disana ?
    Terima kasih.

  55. Setu babakan merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan. Untuk memancing juga bisa.

  56. […] Paludi, Salman. Blog “Seputar Setu Babakan”: https://setubabakan.wordpress.com/about/ […]

  57. Mancing di setu babakan bikin ketagihan loh. Karena selain ikan mujair yang melimpah, ikan brosonya juga banyak.

  58. […] Sekilas tentang Setu Babakan […]

  59. Tempat nongkrong saya dulu waktu bersekolah STM, Memang enak banget nongkrong di danau setu babakan 🙂

  60. bersantai di setu babakan

  61. Saya dan teman-teman saya ingin berkunjung ke setu babakan sekaligus ingin mewawancarai ketua kampung setu babakan , apakah ada kontak yg bisa saya hubungi ? Terima Kasih

  62. Apakah setu babakan hari raya idul fitri kedua yg jatuh hari senin tetap buka dan ada pentas kesenianny ngk ktn sy mau kesana

    • Mohon dijawab dong terimakasih

  63. […] https://setubabakan.wordpress.com/about/ […]

  64. […] https://setubabakan.wordpress.com/about/ […]

  65. Disana terdapat penginapan gak ya?

  66. […] Setu Babakan merupakan kawasan hunian  yang memiliki nilai seni budaya baik dari sisi, seni pertunjukan, jajanan, busana, rutinitas keagamaan, maupun bentuk rumah Betawi, dll. Dari perkampungan yang luasnya 289 Hektar, 65 hektar di antaranya milik pemerintahan di mana dikelola hanya 32 hektar. Perkampungan  ini diami setidaknya 3.000 kepala keluarga. Sebagian besar penduduknya adalah orang asli Betawi yang sudah turun temurun tinggal di daerah tersebut. Sedangkan sebagian kecil lainnya merupakan para pendatang, seperti pendatang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dll. Setu Babakan,  sebenarnya objek wisata yang terbilang baru. Peresmiannya sebagai kawasan cagar budaya dilakukan pada tahun 2004, yakni bersamaan dengan peringatan HUT DKI Jakarta ke-474. Perkampungan ini dianggap masih mempertahankan dan melestarikan budaya yang ada di darahnya. […]

  67. Hati2 kalo kesini kalo duduk2 ga jajan2 bakalan diusir sama yg dagang,,udah gitu duduk harus sesuai sama tempat kita jajannya yg bingung klo kesana rame2 terus mau jajanya beda2 masa duduknya musti pisah2..sampe yg dagang saling berantem depan pengunjung cuma karna kita jajan ditempat lain tapi duduknya di bangku dia ..padahal kita mau wisata sambil liatin setunya tapi malah jadi malu gara2 kelakuan pedagannya yg pada kaya macan…

    Maaf yah tapi saya kecewa dengan tempat wisata ini,mungkin pemerintah bisa menata dan mendidik pedagang disana supaya lebih sopan dan berakhlak..Dan seharusnya ada pemberitahuan tertulis kalo kita duduk2 diatas bangku itu harus beli makanan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: